Cara Install Webuzo di CentOS 7

0
104

Didalam mengelola website, sudah menjadi hal umum anda membutuhkan sebuah control panel untuk mengelola server anda, dengan adanya control panel tidak perlu lagi repot-repot mengetikkan perintah di Terminal. Pemilik website biasanya lebih mengenal dengan namanya cPanel, tapi, selain cpanel masih banyak control panel lain yang cukup populer. Di VPS ada control panel yang banyak digunakan oleh administrator server atau pemilik website namanya adalah Webuzo

Mengingat harga lisensi cPanel yang mahal, Webuzo adalah pilihan alternatif untuk control panel single user

Selain gratis Control Panel ini mudah digunakan tidak seperti control pannel gratis lainnya, Webuzo memiliki 2 versi yaitu Free dan Premium, dengan UI dan UX yang mudah dipahami. Namun sekarang webuzo tidak lagi sepenuhnya gratis, lebih tepatnya anda harus membeli lisensi webuzo ataupun bisa juga menggunakan lisensi webuzo versi gratis dengan beberapa batasan, namun harga lisensi webuzo premium sangatlah terjangkau

1. Persyaratan server untuk install Webuzo:

  1. Gunakan VPS yang fresh, belum terinstall aplikasi apapun.
  2. Gunakan Centos versi 7 ke atas.
  3. RAM minimal 512MB, disarankan 1GB ke atas.
  4. Disk minimal 5GB, disarankan 10GB ke atas.


2. Install webuzo

Buka Terminal Shell (misalnya PuTTY) dan SSH ke server Anda. Jalankan perintah berikut:

wget -N http://files.webuzo.com/install.sh
chmod 0755 install.sh
./install.sh

Instalasi akan dimulai. Jika kecepatan jaringan Anda lambat mungkin instalasi akan terlihat seperti berhenti. Namun biarkan saja terus. Anda akan melihat tampilan seperti ini:

Terminal


3. Webuzo Initial Setup

Setelah selesai instalasi, selanjutnya Anda dapat menuju halaman Webuzo untuk melakukan konfigurasi dengan menggunakan browser. buka http://IP-Server-Anda:2004/

Maka Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Tinggal isi username, password name server dan lainnya untuk dapat digunakan login kedalam Webuzo.

Username, Email Address, Password untuk informasi login, sendangkan Primari Domain, Name server 1, Name Server 2 merupakan informasi DNS yang digunakan untuk pointing dari Domain Anda ke server tersebut.

License Key dapat dikosongkan untuk pengguna FREE, sedangkan Anda yg memiliki license dapat memasukannya dikolom license.

Seperti penulis yang katakan tadi, Webuzo memiliki 2 versi Free dan Premium, untuk versi premiumnya Anda akan mendapatkan kelebihan seperti, upgrade, support, dan fitur-fitur lain yg tersedia didalam Webuzo. Untuk lebih lengkapnya silahkan check sendiri disini http://webuzo.com/pricing

Contoh
User Name: admin
Primary Domain: jacktorscript.com
NameServer 1: ns1.jacktorscript.com
NameServer 2: ns2.jacktorscript.com
Webuzo Initial Setup


Admin Panel: http://IP_SERVER:2004/
Webuzo User Panel: http://IP_SERVER:2002/

Port 2004 merupakan login kedalam Webuzo Admin Panel sendangkan port 2002 untuk masuk kedalam halaman Webuzo User Panel, keduanya memiliki login username dan password yg sama seperti dibuat sebelumya.

Setelah semua sudah selesai buka Settings > General. Lalu bagian General Settings Anda perlu Check/ Centang kolom “Is VPS” untuk memastikan Webuzo ini menggunakan server VPS.



Ini adalah tampilan admin Webuzo

Webuzo Panel Admin


Sedangkan dibawah ini adalah halaman Webuzo User Panel yang mana kita gunakan untuk setting database, membuat FTP, upload file, menambah domain kedalam server, dan lainnya (Pengguna cPanel pasti sudah paham, mirip fungsinya hanya tampilannya saja yang sedikit berbeda). Anda dapat juga install CMS yang sudah disediakan oleh Webuzo (menu disebelah kiri)



Jika install dan setup Webuzo sudah selesai, tinggal pointing nameserver domain Anda kedalam IP_SERVER menggunakan NS yang telah dibuat sebelumnya.

Silahkan tinggalkan komentar Anda jika ada pertanyaan

LEAVE A COMMENT