Cara membuat Local Web Server pada Android

11
7708

Bagi kalian yang pernah menggunakan XAMPP pada perangkat komputer atau PC untuk menjalankan Web Server mungkin sudah tau dan paham, tapi disini saya akan membahas caranya untuk Android.

Memang bisa?

Tentu saja bisa, yang dibutuhkan hanyalah sebuah aplikasi bernama KSWEB anda bisa install melalui Play Store, sayangnya sebagian fitur adalah PRO dan kamu diminta membayar sebesar $3.99 dan yang standar $2.99, anda juga akan mendapatkan masa percobaan/trial fitur PRO selama 5 hari, walaupun begitu anda tetap bisa menggunakan fitur gratis nya.

Dengan aplikasi ini anda bisa membuat website secara local yang hanya bisa diakses pada browser perangkat itu sendiri, ini juga sangat berguna bagi web developer yang sedang membuat aplikasi web sebelum di buat online ke web hosting atau sekedar untuk belajar.

Kamu juga bisa install CMS WordPress yang saat ini banyak digunakan pada website,

Fitur KSWEB:

  • lighttpd server v1.4.35
  • nginx v1.13.1
  • Apache v2.4.28
  • PHP v7.2.0
  • MySQL v5.6.38
  • msmtp v1.6.1
  • Web Interface v2.11
  • KSWEB FTP v1.0
  • Editor v1.0
  • Scheduler

Sekarang mari kita mulai caranya

Konfigurasi Web Server

Ketika kamu sudah mulai menjalankan aplikasi KSWEB, kamu bisa langsung mengakses url localhost:8080 pada browser di Android kamu atau dengan mengakses IP Address 127.0.0.1:8080 pada android menggunakan Wi-Fi dan mengakses dari PC lain pada jaringan yang sama. KSWEB akan menampilkan halaman default.

Tampilan awal KSWEB



Tampilan default KSWEB di browser


Tampilan default KSWEB di browser




Konfigurasi phpMyAdmin

PhpMyAdmin pada KSWEB dapat diinstall dari tab Tools pada tampilan awal aplikasi dan pilih server nya Lighhttpd. PhpMyAdmin berukuran sekitar 9MB dan ketika kamu sudah menginstallnya secara otomatis host baru akan bertambah. Gunakan username “root” tanpa password untuk masuk.

Pilih server - KSWEB


Tampilan awal KSWEB


phpMyAdmin - KSWEB

phpMyAdmin yang saya gunakan ini adalah versi terbaru yang saya pasang secara manual dari web resminya

Karna versi terbarunya sudah support tampilan mobile, untuk mengganti versi phpMyAdmin terbarunya nya tinggal download dari web resminya https://phpmyadmin.net/downloads/

Ekstrak file zip phpMyAdmin nya dan replace file-file yang ada di /sdcard/ksweb/tools/phpMyAdmin/

Ini hanya jika kamu menginginkan versi phpMyAdmin terbaru, jika tidak ya gunakan versi yang lamanya

phpMyAdmin digunakannya untuk mengelola database MySQL karna itu sangat penting jika anda ingin menyimpan data penting seperti pengaturan web atau membuat from register dan menyimpan informasi akun user ke database MySQL



Memilih Web Directory

Secara default root directory akan berada pada SD Card di dalam folder htdocs. Jika ingin menambahkan host baru untuk project web kamu pada directory lain, kamu bisa menambahkannya dari tab Lighttpd dan pilih folder project kamu, agar host berfungsi silahkan restart aplikasi klik tombol Exit pada bagian kanan atas lalu buka lagi.

Pilih directory web - KSWEB

Sekarang web server local sudah bisa beroperasi pada smartphone androidmu. Selanjutnya kamu bisa membuat project web kamu sendiri, saya akan memberikan sedikit contoh di bawah ini bagi yang kurang paham atau pemula:

buat folder project web kamu di /sdcard/htdocs/ dan setelah buat foldernya buatlah file index.php didalamnya dan untuk menambahkan host nya untuk directory folder yang kamu buat tadi seperti cara diatas tadi, sebagai contoh anda bisa salin kode ini:



Dan hasilnya akan tampil seperti ini:

Contoh project web - KSWEB

Selain server Lighttpd kamu bisa juga menggunakan server lainnya tinggal aktifkan saja dan menambahkan host nya, tapi saran saya gunakan server Lighttpd,

Sepertinya yang saya katakan pada pertama tadi kamu juga bisa menginstall CMS WordPress, kunjungi wordpress.org untuk mendownload nya, tapi disini saya tidak akan membahas cara install nya, di lain kali saya akan membahas nya.

Semoga tutorial yang saya berikan ini bermanfaat untuk kalian semua.

LEAVE A COMMENT